Google AdSense


Panduan Penerapan Kode

Cetak

Kami memahami bahwa penyalinan dan penyisipan kode AdSense terkadang dapat membingungkan, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan HTML dan desain Web. Panduan ini berisi beberapa dasar HTML, memberikan 2 contoh penyisipan kode menggunakan 2 jenis editor Web yang berbeda, dan membahas masalah umum yang mungkin Anda alami setelah menyisipkan kode AdSense.
Catatan: Jika Anda lebih memilih tutorial video dibandingkan panduan tertulis, kunjungi Bantuan Demo Kode Iklan (hanya dalam bahasa Inggris), presentasi visual dengan materi yang sama seperti panduan ini, dimulai dari slide 7.
Karena panduan ini berisi berbagai topik, Anda dapat langsung beralih ke bagian tertentu:
  1. Menyalin kode AdSense
  2. Menyisipkan kode AdSense
  3. Dasar-Dasar HTML
    a. Cara melihat kode sumber
    b. Hal yang harus dicari dalam kode sumber HTML
  4. Menyisipkan menggunakan editor WYSIWYG
    a. Menggunakan Tampilan Kode
    b. Menggunakan Penyisipan HTML
  5. Masalah Umum
    a. Menyisipkan kode dengan tepat
    b. Mencari HTML lain yang akan ditambahkan
    c. Menunggu setelah menyisipkan kode
    d. Menggunakan format iklan yang sesuai dengan tata letak situs

1. Menyalin kode AdSense

Pertama-tama, Anda harus mendapatkan kode AdSense Anda. Anda dapat memperoleh kode tersebut dengan sign in ke account Anda, membuka tab Konfigurasi AdSense, lalu mengikuti langkah-langkah panduan untuk mendapatkan kode tersebut. Setelah menyesuaikan unit AdSense dengan pengaturan yang dikehendaki, Anda akan mendapatkan kode yang telah disesuaikan dalam kotak Kode AdSense Anda. Salin dan sisipkan kode tersebut ke kode sumber HTML situs Anda.
Kotak Kode
Untuk menyalin kode, sorot seluruh konten dalam kotak Kode AdSense Anda dengan mengklik di manapun dalam kotak tersebut menggunakan mouse. Anda akan mengetahui bahwa kode tersebut telah dipilih bila seluruh konten dalam kotak disorot dengan warna biru.
Selanjutnya, dari browser Menu edit Anda, pilihSalin untuk menyalin area yang disorot. Jika tidak ingin menyisipkan kode secara langsung ke kode sumber HTML situs, Anda dapat menyisipkannya ke aplikasi lain, seperti Notepad, sewaktu mengakses kode sumber Anda pada bagian berikutnya.
2. Menyisipkan kode AdSense

Bagian ini berisi cara menyisipkan kode ke kode sumber HTML halaman Anda. Jika Anda tidak terbiasa dengan HTML, lihat langkah 3.
Untuk menampilkan iklan Google di situs Web, Anda harus menyalin kode iklan persis seperti yang ditampilkan dalam tab Konfigurasi AdSense account Anda, lalu menyisipkannya secara langsung ke kode sumber HTML halaman Web, tanpa modifikasi apapun. Memodifikasi kode iklan melanggar kebijakan program kami dan dapat mengakibatkan kesahan pada halaman Anda.
Setelah menyalin kode AdSense, kembali ke desktop Anda, lalu buka editor HTML. Setelah mengakses kode sumber HTML, klik posisi yang dikehendaki untuk menempatkan kode iklan Anda, lalu pilih Sisipkan dari menu Edit.
Setelah selesai menyisipkan kode ke halaman Web, Anda harus menyimpan perubahan dan meng-upload atau mempublikasikan halaman yang telah diperbarui ke server Anda. Jika Anda mengalami kesulitan saat meng-upload ke server, hubungi host Web Anda. Perlu diketahui bahwa setelah menyisipkan kode iklan ke sumber HTML halaman, kode iklan harus terlihat sama persis dengan yang ditampilkan dalam account AdSense Anda.
Jika telah diterapkan dengan benar, iklan Google akan segera muncul di layar.
3. Dasar-dasar HTML

Jika Anda tidak terbiasa dengan HTML, kami akan memberikan sedikit penjelasan. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis halaman Web. Bahasa pengkodean ini digunakan di World Wide Web. Browser Web membaca HTML untuk menampilkan konten halaman.
3a. Cara melihat kode sumberJika Anda ingin melihat dokumen HTML (disebut juga 'kode sumber'), pertama-tama buka browser Web. Setelah itu, buka halaman yang sumbernya akan Anda lihat, kemudian klik View pada panel menu di bagian atas layar. Selanjutnya, pilihSource jika Anda menggunakan Internet Explorer
Lihat Sumber di IE
atau Page Source jika Anda menggunakan Firefox.
Lihat Sumber di Firefox
Dokumen HTML yang berisi kode sumber halaman tersebut akan muncul di layar.
3b. Hal yang harus dicari dalam kode sumber HTMLSetiap dokumen HTML terdiri dari tag dalam tanda kurung yang akan memberitahukan browser Web tentang cara menampilkan elemen HTML. Semua elemen HTML dimulai dengan tag pembuka (< >) dan diakhiri dengan tag penutup (). Semua dokumen HTML memiliki struktur dasar sebagai berikut:















Tag pembuka akan memberitahukan browser bahwa ini adalah bagian awal dokumen HTML Anda. Tag pembuka berisi informasi kepala dan tidak terlihat saat Anda melihat halaman dalam browser Anda. Teks apapun yang ditampilkan di antara beberapa tag BODY ( and ) akan muncul dalam browser Anda. Tag penutup akan memberitahukan browser bahwa ini adalah bagian akhir dokumen HTML Anda.
Agar iklan ditampilkan sebagaimana mestinya, Anda harus menempatkan kode iklan di antara tag pembuka dan tag penutup kode sumber Anda.
Jika Anda sulit dalam menemukan tag , coba tekan tombol 'CTRL' dan 'F' pada PC, atau tombol 'COMMAND' dan 'F' pada Mac untuk membuka kotak Find text. Setelah itu, ketik 'Find next.
4. Menyisipkan menggunakan editor WYSIWYG

Jika Anda menggunakan editor HTML dengan rancangan yang disempurnakan, sering kali disebut sebagai WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat Adalah yang Anda Dapatkan), mungkin akan menggunakan fitur Tampilan Kode yang berisi tampilan HTML, Desain/Normal, dan Pratinjau. Editor Anda mungkin juga menggunakan fitur Penyisipan HTML yang memanfaatkan tab menu 'Sisipkan'. Jika Anda tidak dapat menemukan kode sumber HTML halaman Web dalam editor WYSYWIG, hubungi tim dukungan perangkat lunak pengeditan HTML untuk mendapatkan petunjuk khusus tentang cara menemukan tampilan ini.
Pada bagian berikut, kami akan menunjukkan beberapa contoh penyisipan kode AdSense menggunakan Tampilan Kode dan Penyisipan HTML. Karena setiap editor berbeda dan hanya Anda yang mengetahui tampilan halaman Web yang akan dibuat, maka kami tidak dapat memberikan petunjuk pasti tentang cara menyisipkan kode iklan Anda. Namun, kami harap beberapa contoh berikut akan bermanfaat bagi Anda.
Anda juga dapat melihat penerapan AdSense oleh penayang lain menggunakan editor HTML Anda yang spesifik di Forum Bantuan AdSense (hanya dalam bahasa Inggris).
4a. Menggunakan Tampilan KodeJika editor Web Anda menggunakan fitur Tampilan Kode, ikuti petunjuk ini untuk menyisipkan kode AdSense Anda.
Dengan menggunakan editor, buka halaman Web yang diinginkan untuk menampilkan AdSense. Pada tampilan Normalatau Desain, pilih lokasi dalam dokumen yang Anda inginkan untuk menempatkan AdSense. Dalam contoh ini, kami akan menempatkan unit iklan leaderboard di bagian bawah judul.
Tampilan Desain
Salin kode iklan dari kotak teks Kode AdSense Anda.
Kotak Kode
Pada editor, ubah ke tampilan HTML. Sisipkan kode iklan antara tag dan , tempat kursor berkedip. Menyisipkan kode iklan di luar tag akan membuat iklan tidak ditampilkan dengan benar.
Tampilan HTML
Buka tab Pratinjau editor untuk mengkonfirmasikan bahwa kode iklan telah disisipkan dengan benar. Jika telah dilakukan dengan benar, iklan tersebut akan terlihat.
Pratinjau
Jika Anda menyukai hasilnya, buka File dalam menu, kemudian klik Publikasikan Web.... Tindakan ini akan meng-upload situs Web Anda ke Web dengan menampilkan iklan Google.
Publikasi
4b. Menggunakan Penyisipan HTMLJika editor Web Anda menggunakan fitur Penyisipan HTML, ikuti petunjuk ini untuk menyisipkan kode AdSense Anda.
Pertama-tama, salin kode AdSense dari kotak Kode AdSense Anda dalam account
Kotak Kode
Selanjutnya, dengan menggunakan editor, buka halaman Web yang Anda inginkan untuk menampilkan AdSense. Klik pilihan Sisipkan pada toolbar, kemudian tarik ke bawah, kemudian klik HTML.
Sisipkan HTML
Kini kotak Kode HTML akan muncul di layar. Sisipkan kode AdSense Anda ke kotak, kemudian klik OK.
Kotak Kode HTML
Setelah melakukannya, kotak HTML baru akan muncul di layar. Anda dapat memindahkan kotak ini ke salah satu lokasi di situs Web, namun Anda tidak dapat menumpuk kotak HTML pada kotak teks atau grafis lainnya di situs Web. Penumpukan akan mengakibatkan iklan Anda tidak muncul atau terjadi kesalahan saat Anda meng-upload situs Web. Perlu diketahui juga bahwa Anda dapat menyesuaikan ukuran kotak HTML dengan tata letak Anda. Dalam contoh ini, kami telah mengubah ukuran kotak HTML agar kode iklan syscraper sesuai dengan ukuran sidebar halaman Web ini.
HTML Disisipkan
Setelah Anda menyukai posisi iklan tersebut, buka File dalam menu, kemudian klik Pratinjau dalam Browser untuk melihat tampilan iklan Anda.
Pratinjau File
Pada kondisi ini, Anda dapat melihat unit iklan skyscraper ditampilkan di sisi kanan halaman. Pastikan Anda memilih format iklan yang sesuai dengan ruang kosong di situs Anda.
Pratinjau
Jika Anda telah menyukai penempatan iklan tersebut, buka File, kemudian klik Publikasikan. Jika telah diterapkan dengan benar, iklan Google akan segera muncul di layar.
Publikasi Situs
5. Masalah Umum

Setelah menyisipkan kode AdSense dan mempublikasikan halaman Web, Anda akan melihat iklan layanan masyarakat atau tidak ada iklan sama sekali selama 48 jam. Jika Anda tetap mengalami kesulitan dengan iklan setelah menunggu 48 jam, Anda dapat mengatasi sendiri masalah yang terjadi dengan membaca bagian berikut.
5a. Menyisipkan kode dengan tepatJika unit iklan tidak ditampilkan atau terjadi kesalahan di situs Anda, misalnya muncul kode iklan HTML, periksa kode sumber HTML situs untuk memastikan kode AdSense di situs Anda sama persis dengan kode AdSense pada halaman account.
Untuk memeriksa sumber HTML halaman Web, ikuti petunjuk sebagai berikut:
  • Buka jendela browser, lalu lihat halaman Web Anda.
  • Dalam tab View browser, pilih Source pada Internet Explorer atau Page Source pada Firefox. Dokumen teks yang menampilkan kode HTML situs Anda akan muncul di layar.
  • Jika Anda menggunakan Mac, tekan tombol Ctrl dan F, atau tombol COMMAND dan F. Kotak Cari akan muncul di layar. Ketik 'google_ad' dalam kotak tersebut, kemudian tekan 'Enter' untuk mencari kode iklan Anda.
  • Selanjutnya, buka account AdSense Anda dalam jendela browser baru, kemudian buka kotak Kode AdSense Anda dalam tab Konfigurasi AdSense. Di layar Anda, tempatkan kode sumber HTML beserta kode iklan dalam kotak Kode AdSense Anda. Bandingkan kode iklan, kemudian pastikan kode tersebut sama persis pada kedua halaman.
Alasan paling umum yang menyebabkan penayang tidak dapat melihat iklannya adalah karena kesalahan penyalinan kode.
5b. Mencari HTML lainnya yang akan ditambahkan ke kode iklanJika kode iklan dalam sumber situs langsung terlihat berbeda dari kode iklan dalam account, mungkin host Web Anda secara otomatis menyertakan atau mengubah tag tertentu saat Anda menempatkan kode ke situs Anda. Anda mungkin akan melihat kode HTML lain, seperti tag '
' atau   muncul dalam kode iklan Anda, seperti pada contoh di bawah ini. Kode iklan juga dapat diformat ulang agar muncul dalam satu baris. Keterangan "Javascript" terkadang juga telah terhapus dari kode iklan Anda.
br tag
nbsp tag
Jika Anda yakin telah menyisipkan kode ke tampilan HTML editor WYSIWYG persis seperti yang muncul dalam account Anda, sebaiknya hubungi host Web tentang perubahan apapun yang terlihat pada kode iklan, misalnya pemformatan ulang atau tag tambahan.
5c. Menunggu setelah menyisipkan kode iklanJika ILM (iklan layanan masyarakat) ditampilkan setelah Anda menempatkan kode iklan, Anda mungkin harus memberikan kesempatan kepada crawler kami untuk mengunjungi situs Anda. Proses ini biasanya berlangsung selama 30 menit setelah menerapkan kode iklan, namun dapat berlangsung selama 48 jam. Bila halaman Anda dilihat dan kode Javascript dijalankan, halaman Anda akan menghubungi crawler kami. Karena alasan ini, sebaiknya kunjungi setiap halaman yang menempatkan kode iklan untuk memastikan setiap halaman telah dijelajahi. Masalah ILM seringkali dapat teratasi setelah melakukan tindakan tersebut dan menunggu selama beberapa jam.
Jika Anda tetap melihat ILM setelah 48 jam, kunjungi Panduan Mengatasi Masalah atau Pusat Bantuan kami.
5d. Menggunakan format iklan yang sesuai dengan tata letak situsJika Anda menggunakan format iklan yang tidak sesuai, tata letak situs Anda dapat terpengaruh. Misalnya, pada contoh berikut, format persegi atau skyscraper akan mendorong konten halaman ini ke bawah.
Format Salah
Namun, dalam kondisi ini, format iklan leaderboard akan berhasil.
Correct Format

sumber : Google AdSense

1 Response
  1. blog Yasin Says:

    saya sudah menyalin semua kode, tetapi di widget HTML tidak bisa tersimpan, bahkan muncul harap perbaiki kesalahan pada form ini.
    Mohon bantuannya gan.
    Terima kasih.